Flowchart SOP




    Dalam menjalankan usaha salad ini tentu saya memiliki alur atau proses dalam pemesanan salad buah maupun salad sayur yang saya jual. Ini bertujuan untuk memudahkan semua kegiatan dan berjalan dengan sesuai alur yang ada secara jelas dan meminimalisir adanya kesalahan terkait produk terhadap customer. 

    Dari flowchart diatas menggambarkan alur proses bisnis dari sistem pemesanan hingga penyelesaian pembayaran produk salad tersebut. 

  1. Penerimaan pesanan melalui berbagai cara seperti whatsapp ataupun pembeli langsung datang ke toko.
  2.  Pelanggan memilih produk salad yang akan dipesan
  3. kemudian kami akan memeriksa ketersediaan stock produk, jika produk yang diinginkan masih tersedia maka proses akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Jika produk tersebut tidak tersedia maka kami akan menanyakan kepada customers apakah berkenan untuk mengikuti Sistem Pre Order selama beberapa hari sesuai ketentuan.
  5. Jika customers tidak berkenan dan memilih produk yang tersedia maka selanjutnya langsung masuk ke dalam sistem pembayaran.
  6. Jika customers berkenan, maka akan dimasukan ke dalam Data pesanan Pre Order (PO) yang berisi pesanan, jumlah, nama pemesan dan lainnya
  7. Jika pesanan sudah terkumpul maka proses produksi salad tersebut dimulai
  8. Ketika sudah selesai di produksi maka kami akan mengkonfirmasikan kepada customers bahwa pesanan mereka sudah selesai di produksi.
  9. Setelah pesanan selesai, maka pelanggan diarahkan untuk menyelesaikan pembayaran melalui sistem pembayaran yang tersedia yaitu cash dan transfer
  10. Jika customers ingin membayar secara cash maka bisa langsung datang ke toko dan menyelesaikan pembayarannya.
  11. Jika customers ingin membayar dengan mentransfer pembayaran maka kami akan mengirimkan details Bank Account kami dan total orderan produk yang mereka pesan
  12. Lalu customers mengirimkan bukti transfer dan sistem akan memproses pelunasan pembayaran
  13. Selanjutnya customers dapat langsung datang ke toko untuk mengambil produk dan juga invoice pelunasan produk.
  14. Lalu data penjualan dan invoice disimpan dalam arsip agar mempermudah menghitung pembukuan pada saat closing dan untuk keperluan administrasi dan pelaporan lainnya

Komentar

Postingan Populer